Bookmark and Share

Beberapa tahun belakangan ini kami menangani project di suatu perusahaan untuk mengoptimalkan pemakaian CPU, pilihan kami jatuh pada produk NComputing, dengan alat ini sebuah CPU (biasanya pentium 4 atau lebih baru) dapat digunakan oleh 2 user atau lebih, dalam teori bisa sampai 30 user. Pada prakteknya kami telah mencoba hingga 10 user dengan 1 PC.

Teorinya saat ini PC desktop sudah sangat mumpuni, sehingga sering didapati “menganggur” sehingga, satu komputer desktop dapat digunakan sebagai server untuk banyak pengguna. NComputing memakai teknologi UTMA (Ultra Thin Multi Access) untuk mencapai hal ini. Satu stasiun NComputing dapat ditempelkan dengan seperangkat KVM (Keyboard, VGA, Mouse) dan pada beberapa seri dilengkapi dengan ronggaUSB. Untuk terhubung dengan komputer servernya, ada beberapa cara, tergantung dari seri NComputing tersebut. Seri U menggunakan USB untuk terhubung ke server, Seri L menggunakan jaringan komputer yang sudah ada melalui kabel ethernet, dan Seri X memakai kabel ethernet juga, namun terhubung ke card PCI yang dipasang di server. Pada saat ini kami hanya menggunakan model L karena fleksibel dan tidak terbatas jarak, selama komputer/terminal masih dalam 1 jaringan, dan tidak harus terhubung langsung ke servernya.

Keunggulan NComputing:

  • Lebih murah daripada membeli PC baru, ketika upgrade juga hanya perlu upgrade 1 PC saja.
  • Hemat energi (3-5 w).
  • Hemat tempat, dapat ditempelkan pada LCD monitor yang sudah memiliki lubang untuk VESA bracket.
  • Perawatan dan support mudah (hanya 1 PC).

Kekurangan:

  • Harus ada server, jika server mati semua pengguna tidak dapat bekerja.
  • Kadang ada masalah kompatibilitas dengan windows update.
  • Support hardware USB yang dihubungkan langsung ke NComputing terminal terbatas, tidak semua printer/alat bisa digunakan (kami pernah mencoba printer HP LaserJet P1006 dan kabel USB to parallel port, keduanya gagal digunakan)
  • support wide screen hanya pada resolusi tertentu (1440×900 dan 1920×1080).
  • support ke linux minim.

OS yang dapat digunakan untuk NComputing adalah Windows dan Linux. Namun pada prakteknya dukungan ke Linux sangat minim, jika bisa dikatakan tidak ada, hanya distro tertentu yang didukung seperti Ubuntu 8.10 (seri L1xx dan L2xx) dan Ubuntu 10.04 (seri L3xx) hampir tidak ada update. Sedangkan OS Windows memiliki dukungan yang lebih luas, dan update yang lebih rutin.

Saat ini pemakaian NComputing di perusahaan tersebut sudah berjalan sejak tahun 2007.