Bookmark and Share
Motorola W362

Motorola W362

Kira-kira 3 minggu yang lalu, HP CDMA saya (Nokia 2116) tiba-tiba tidak bisa dihidupkan, sempet bikin panik juga karena ini telepon utama saya. Akhirnya, karena menyerah saya cari2 alternatif Handphone baru, setelah cari sana-sini dan sempat bimbang untuk pake dual-on, akhirnya saya mantap dengan Motorola W362, seharga Rp. 970.000,00.Untuk HP di bawah 1 juta saya rasa fitur-fiturnya sudah OK banget, karena sudah bisa setel MP3, Radio, ada kamera, bisa konek komputer sebagai modem pakai kabel mini USB saja, dan sudah ada bonus Handsfree dan Transflash 1 GB :).

Setelah beberapa hari pakai, mulai timbul masalah, ternyata kalau terima SMS panjang (yang biasanya lebih dari 1), karakter yang keluar tidak karuan. Setelah saya cek forum, ternyata yang mengalami bukan hanya saya. Setelah beberapa hari mencoba menyelesaikan sendiri, akhirnya saya bawa ke Sarindo (distributor Motorola) di Jl. Pemuda Semarang. Ternyata HP saya harus diperbaiki dulu, dengan upgrade firmware. Proses perbaikan ternyata makan waktu lumayan, kira-kira 4 hari. Tapi saya salut dengan pelayanan Sarindo yang ramah, dan responnya cukup cepat.

Hari Sabtu, 6 Juni 2009 kemarin, sudah saya ambil lagi, dan overall saya cukup puas dengan hasilnya (sms sudah normal).

Setelah pakai beberapa hari, saya cukup puas dengan HP ini, karena keypad cukup enak untuk ngetik SMS, meski user interface SMS perlu belajar lagi, sudah lama banget saya tidak pakai HP Motorola (terakhir adalah hp pertama saya Motorola CD 928). SMS bisa disimpan hingga 300 pesan. MP3 player juga cukup lumayan, suara terdengar jelas (teknologi Crystal Talk), Memori dapat menampung 1000 nomor telepon, 1 nama bisa support 3 nomor, tapi masing-masing dianggap entry terserndiri, sehingga kalau 1 nama ada 3 nomor hanya bisa 333 nama. Kualitas kamera maksimum resolusi VGA (640×480), 4x digital zoom, bisa atur white balance, juga ada beberapa digital filter. Baterai juga lumayan awet, kira-kira 2-3 hari dengan pemakaian normal (di forum-forum ada yang mengklaim sampai 4 hari, dengan masa tersingkat 4 jam, dipakai telepon terus). Oh iya, untuk charge baterai bisa sambil transfer lagu dan gambar melalui colokan mini-USB, sehingga tidak harus menggunakan charger khusus bawaannya.

Beberapa fitur yang menurut saya cukup penting tapi tidak tersedia adalah bluetooth dan software yang dipakai bukan java (tapi ada BREW, hanya sampai saat ini menu BREW belum muncul, menurut forum dan penjual harus disupport oleh operator). Dengan kemampuan perangkat seperti ini, seharusnya juga tersedia fasilitas koneksi ke internet langsung dari HP (wap), minimal untuk e-mail.

Satu hal yang agak membingungkan, di beberapa review disebutkan Motorola W362 ini support PC Sync, hanya saja sampai sekarang saya belum menemukan software PC Sync tersebut. Beberapa hari yang lalu dapat Motorola Phone Tools, namun HP ini masih belum dikenali, hingga saat posting ini ditulis, saya masih belum berhasil sinkronisasi phone book dengan komputer.

Spek Detainya sebagai berikut:

Motorola W362

Konektivitas: USB 1.1 for charging and data transfer

Baterai: External, Li-Ion 910mAh

Kamera: VGA

Ringtones: MP3

Downloads: BREW 3.1.5 to download ringtones, images and games

Display: 160X128, 65K TFT Display

FM Radio: via headset

Ukuran: 65cc

Berat (g): 75g

Dimensi (h x w x d – mm): 110.8 x 45 x 14.6 mm

Bentuk: Candybar with internal antenna

Keunggulan:

  • Batere Awet (kira2 2-3 hari dengan pemakaian telepon normal)
  • MP3 Player
  • Kamera
  • CrystalTalk
  • Charger dan data melalui port standard mini USB

Kelemahan:

  • Tidak ada Bluetooth
  • Tidak ada Java
  • Internet harus melalui telepon, tidak bisa langsung di Handphone

Belum terpecahkan:

  • Belum bisa sinkron dengan SyncML / Outlook / PC