Bookmark and Share

Pernahkah anda hendak pergi ke suatu tempat, namun tidak mengetahui di mana tempat terserbut? Apabila menghadapi masalah tersebut biasanya kita akan merujuk pada peta. Ada juga alat khusus yang didedikasikan untuk pencarian lokasi, yaitu GPS (Global Positioning System). Sesungguhnya ada satu alat lagi yang dapat dimanfaatkan untuk pencarian lokasi, yaitu Handphone (HP) anda.

Baru-baru ini saya baru menyadari fitur Google Map di HP saya (Sony Ericsson G502). Aplikasi ini sesungguhnya tidak hanya dapat digunakan pada HP tertentu, namun dapat diunduh di sini atau arahkan browser dari handphone anda ke http://m.google.com/ dan pilih maps.

Satu hal yang saya kagum, adalah fasilitas search yang cukup komprehensif. misal kita tahu nama gedung dan kota sudah cukup untuk melakukan pencarian. Misalkan saya cari “Panti Wilasa, Semarang” maka peta akan diarahkan pada RS. Panti Wilasa di Semarang Bisa juga kita menyatakan nama jalan dan kota, misalkan “Orchard, Singapore”. Google Maps juga dapat memperkirakan lokasi kita pada saat ini dengan mencari posisi triangular dari 3 Base Transceiver Station (BTS) terdekat. Hanya saja dari beberapa kali percobaan pribadi ini tidaklah selalu akurat (mungkin hanya tersedia 1 atau 2 BTS di sekitar lokasi pada saat itu). Kemudian Kita juga dapat meminta petunjuk arah (Directions) dari posisi kita sekarang menuju tempat tujuan tersebut. Google Maps akan mengkalkulasi petunjuk dan arah yang harus diambil.

Sedikit catatan, karena waktu yang diperlukan untuk menentukan arah, mengambil posisi, dan update posisi tidaklah real time (ada jeda waktu) fasilitas ini tidak disarankan untuk digunakan saat atau sambil mengemudi kendaraan.

Syarat HP yang digunakan untuk fasilitas ini adalah: dilengkapi dengan GPRS (untuk menghubungi Internet) dan Java (instalasi aplikasi Google Maps). Jika dilengkapi dengan bluetooth, mungkin bisa dihubungkan dengan perangkat GPS sesungguhnya, sehingga update data lebih cepat (penulis belum mencoba)